Home

Thursday, July 15, 2010

Seroja


Kisah cinta yang tersajikan dalam novel ini begitu memikat dan menyentuh tentang kisah cinta dan karmanya. Gusti Ayu Nyoman Putri, seorang aktivis di tahun 1965, dianggap durhaka oleh keluarganya karena menikah secara diam-diam dengan seorang bule, Andy Littlejohn, di Leeds Inggris. Keluarga menganggap bahwa hal ini merupakan kutukan leluhur kakeknya yang menikahi Mekele Seroja. Mekele Seroja sendiri berasal dari kasta sudra, yang pada akhirnya ditinggalkan sedemikian rupa oleh suaminya dengan menikah lagi bersama perempuan dari kasta yang sederajat.

Keinginan Ayu untuk menyambung tali kekeluargaan pun ditolak mentah-mentah. Ayu sendiri tinggal di Leeds dan mengubah namanya menjadi Cynthia Littlejohn, menjadi orang Inggris tule. Hal ini dilakukannya untuk menutupi jati dirinya sebagai orang Bali dan mengubur dalam-dalam masa lalunya yang indah sekaligus menyakitkan. Mereka dikarunia tiga orang anak : Patrick , Jeremy dan Rita.

Kehendak Sang Hyang Widhi tampaknya membuka kembali lembar demi lembar masa lalu Ayu. Setelah Jeremy , anak kedua mereka menikahi gadis Bali, Rita juga jatuh cinta pada seorang lelaki Bali yang sedang mendapatkan beasiswa di Leeds. Membaca novel ini seakan menyaksikan panorama Bali dari sisi yang lain.


Judul Buku : Seroja
Kategori    : Novel
Pengarang : Sunaryono Basuki Ks
Penerbit    : InterPreBook

No comments:

Post a Comment