Home

Monday, August 23, 2010

Mama minta pulsa

Kemarin sore, aku menerima telepon dari ibu yang tinggal di Medan dengan suara sedikit panik, beliau bertanya apakah memang benar aku mengirimkan SMS ke no. hp anakku dan minta dikirimi pulsa sebesar Rp. 20 ribu ke no hp ku yang baru.
Jelas saja aku jawab tidak, wong kartu hp ku pasca bayar dan tagihan telepon selulerku jatuh tempo tanggal 10 setiap bulan , jadi tidak pernah beli pulsa dan aku juga tidak punya no. lain.   Untung saja Ibu dan anakku tidak langsung percaya dan mengirimkan pulsa ke no yang diminta tapi menelepon dulu ke hp ku.

Beberapa hari yang lalu Dini, teman kantorku juga menerima SMS dengan pesan yang sama dan malah sudah sempat mengirimkan pulsa dengan nilai nominal yang lebih besar dari yang diminta Rp. 100,000. Dini tertipu karena berpikir SMS itu dikirim oleh ibunya.

Selain aku dan Dini , masih ada  beberapa teman kantor lain yang juga menerima pesan pendek yang sama melalui telepon seluler. Sepertinya modus penipuan baru melalui SMS kembali muncul.
Anda harus hati-hati jika tiba-tiba mendapat SMS yang berisi permintaan pulsa dari orang yang mengatasnamakan mama atau ibu Anda.
Untuk meyakinkan calon korbannya. SMS yang dikirim oleh seseorang dengan nomor +6287842890475 itu menuliskan :
“Tolong belikan dulu Mama Pulsa Rp 20.ribu di nomor baru Mama. Ini nomornya, 081284104522 secepatnya ya.. Penting. Nanti Mama ganti uangnya. Sekarang Mama Tunggu ya.”

Penipu sekarang makin kreatif. Semua cara digunakan untuk menipu kita. Jangan mudah percaya dan lebih baik di cek dulu kebenarannya kepada yang bersangkutan. 

No comments:

Post a Comment