Home

Monday, June 21, 2010

Finding Amarta

Amarta adalah nama sebuah negeri dalam dunia pewayangan. Nama lain dari Amarta adalah Indraprasta, Batanakawarsa dan Cintakapura. Amarta  berarti tempat yang menentramkan, karena raja memerintah dengan adil dan tidak tergoda oleh kemolekan duniawi. Raja hingga para pejabatnya mengayomi para kawula. Negara dalam keadaan aman, makmur dan tentram.
Indraprasta berarti keindahan dan kemegahan bangunan keraton Amarta yang seperdelapan keindahan dan kemegahan kahyangan Batara Indra. Batanakawarsa berarti tempat mengalirnya air hujan. Ini berarti negeri Amarta adalah negeri yang yang subur makmur, hasil bumi berlimpah karena pengairan sawah ladang tidak mengalami hambatan. Cintakapura tempat para satria yang selalu menjalankan laku prihatin. Amarta selalu disinggahi Dewi Sri, dewi Padi, lambing rezekinya melimpah, alamnya subur makmur. Sepanjang Dewi Sri ada di Amarta , bencana kekeringan dan kekurangan pangan tak pernah ada. Amarta juga dekat dengan rakyat dan selalu mendengar suaranya.
Amarta juga mempunyai penasihat agung manusia jelmaan Wisnu bernama Sri Batara  Kresna. Tugas Wisnu di dunia adalah melenyapkan kejahatan dan membangun peradaban. Penasihat lain adalah Begawan Abiyasa yang kualitas keilmuan dan kebrahmanaannya tak diragukan lagi. Mengenai pertahanan, Amarta juga punya kelebihan, musuh yang berusaha menyerang dari darat , udara , laut dan dalam bumi juga bisa dibabat habis.

Adakah Amarta di zaman sekarang ?

No comments:

Post a Comment